Selasa, 25 Mei 2010

Materi Pemograman Pertemuan I



Bahasa mesin adalah bahasa yang hanya mengenal kode biner, yaitu kode 1 dan 0.
Bahasa ini sulit bagi manusia karena kita harus tahu tentang mesin itu sendiri.
Bahasa pemograman dibagi menjadi dua yaitu :
a.       Bahasa pemograman tingkat rendah (low level language)
Yang termasuk dalam bahasa ini adalah :
a)      Bahasa mesin (machine language)
b)      Bahasa rakitan ( assembly language)
b.      Bahasa pemograman tingkat tinggi (high level language)
Yang termasuk dalam bahasa a.l :
a)      PASCAL
b)      BASIC
c)       COBOL
d)      FORTRAN
e)      C dan C++

Langkah-langkah dalam pemograman
a.       Menulis program
b.      Menjalankan program untuk menguji kebenaran program
c.       Jika ada kesalahan (logika, maupun kaidah) program diperbaiki dan kembali ke langkah b.

Diagram Alir
Diagram alir seringkali dipakai dalam dunia pemograman sebagai alat untuk membuat program dan untuk kepentingan dokumentasi.
Ada 2 jenis diagram alir :
a.       Diagram alir system
Adalah suatu gambar yang menjelaskan urutan :
a)      Pembacaan data
b)      Pemrosesan data
c)       Pengambilan keputusan terhadap data
d)      Penyejian hasil pemrosesan data

b.      Diagram alir program
Adalah suatu gambar yang menjelaskan
a)      File-file yang diproses oleh program
b)      Jenis piranti yang digunakan oleh file
c)       Operasi terhadap file (masukkan atau keluaran)

BAHASA PEMOGRAMAN PASCAL

Bahasa pascal merupakan bahasa pemograman terstruktur. Yang diciptakan oleh Niklaus Wirth (EidgenOssiche Technishe Hochshule, Zurich, Swiss). Nama pascal sendiri diambil untuk mengenang dan mengabadikan seorang matematikawan Perancis bernama Blaise Pascal (1623 – 1662), penemu mesin penjumlah mekanis yang pertama kali.

Bahasa Pascal merupakan bahasa pemograman yang berfungsi serba guna :
a.       Untuk tujuan komputansi
b.      Pembuatan permainan (Game)
c.       Ataupun masalah lainnya.

Pascal menyediakan suatu lingkungan terpadu (yang dikenal dengan IDE=Integrated Developenment Environment) yang berisi :
1.       KOmpiler yaitu untuk mengkompilasi program menjadi suatu ibjek yang dipahami oleh computer.
2.       Debugger yaitu untuk membantu mencari kesalahan program
3.       Linker yaitu untuk menggabungkan file objek dan file pustaka serta membentuk file executable
4.       Editor yaitu untuk menulis program sumber.

Pemograman Pascal menyediakan kemampuan Pemograman Berorientasi pada objek (PBO) yang lebih dikenal dengan nama OOP (Object Oriented Programing) yaitu sebuah metode pemograman yang sangat terkenal untuk memkombinasikan data dan fungsi atau procedure yang mengakses data menjadi suatu wadah yang disebut OBJEK.  Metode pemograman yang dirasakan dapat mengatasi kesulitan yang timbul pada pemograman yang besar dan komplek.

LINGKUNGAN KERJA PASCAL

1.       Menyimpan File Pascal
a)      Pilih menu File (Alt + F)
b)      Pilih File Save
File yang di disimpan menghasilkan extensi .PAS
2.       Menjalankan Program
Untuk menjalankan program yang telah ditulis dalam program editor :
a)      Pilih menu Run (Alt + R)
b)      Pilih R atau
Ctrl + F9
3.       Mengkompilasi Program
Untuk mengkompile program dapat menggunakan perintah : Alt + F9
4.       Meminta Bantuan Turbo Pascal
Anda dapat memilih menu Help untuk keperluan ini. Cara lain yang bisa kalian gunakan adalah letakkan kursor pada suatu kata (misalnya Writeln dan tekan tombol Ctrl + F1) sehingga dokumentasi dari kata tersebut akan segera ditampilkan.
Bookmark this post:
StumpleUpon Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

1 komentar:

[+/-]Click to Show or Hide Old Comments

Penyo on 1 Juni 2010 pukul 16.14 mengatakan...

wah.. blog baru tapi dah mantep artikel2nya..
mengulas tentang pemrograman lagi..
makasih dah berkunjung ke blog saya..
salam kenal dari jogja dan sukses selalu..

>
[+/-]Show or Hide Comments

Posting Komentar

Posting Komentar

Banner 125px